Our amazing new site will launch in

2013/01/27

7 Cara Mempercepat Komputer

sofian555.blogspot.com
Komputer Fast

7 Cara Mempercepat Komputer – Semua orang menginginkan komputer yang ia miliki merespon cepat setiap kali pemiliknya menginginkan sesuatu. Misal ketika anda mengklik shortcut Photoshop pada start menu / desktop anda. Maka saya yakin anda menginginkan supaya software Photoshop yang hendak anda buka terbuka secepat kilat, tapi kenytaannya tidak demikian. Justru yang anda rasakan, kinerja komputer bersistem operasi Widows anda semakin lemot, tidak responsif dan lain-lain tergantung anda menyebutnya apa.
Untuk mempercepat komputer, menurut pengalaman saya ada dua macam, mempercepat kinerja komputer dengan bantuan software dan mempercepat komputer dengan cara manual. Dari kedua macam cara tersebut, cara pertama relatif lebih aman dilakukan dan tentunya lebih mudah karena anda cukup klak klik, maka si-software akan melakukan tugasnya. Cara untuk mempercepat komputer yang kedua (manual) memiliki resiko yang lebih besar dan tidak saya sarankan untuk pemula seperti saya.
Kedua macam cara mempercepat komputer di atas, semua beresiko yang bisa mengakibatkan kegegalan booting atau hanya sekedar tidak bisa melakukan beberapa service yang sebelumnya bisa dijalankan secara lancar.
Sebelum anda melakukan 7 Cara Jitu Mempercepat Komputer, pastikan anda melakukan backup system (membuat restore point) komputer anda untuk menghindari resiko yang tidak anda inginkan. Sekarang, tiba saatnya sudah untuk saya membagikan sedikit apa yang saya tahu. Pada artiek ini, saya hanya akan membahas bagaimana cara mempercepat komputer dengan metode manual.

  1. 1. Sesuaikan Hardware Dengan Kebutuhan Anda 
  2. Komponen terpenting dalam sebuah komputer adalah hardware. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal menjalankan software terbaru jika hardware dalam komputer anda misal hanya Pentium III. Jadi, sesuaikan hardware anda dengan kebutuhan anda supaya dapat mempercepat komputer anda.

  3. 2. Gunakan Antivirus Terbaik Untuk Scanning Komputer dari Virus, Spyware dan Adware 
  4. Antivirus menjadi salah satu software yang wajib ada dikomputer anda. Dengan menggunakan anti virus terbaik, komputer anda akan terlindungi dari serangan Virus, Spyware dan Adware yang akan membuat sistem anda terasa lebih berat karena virus biasanya akan melakukan proses di belakang layar (background).
  5. Contoh : AntiVirus Avira

  6. 3. Lakukan Disk Defragment Secara Berkala 
  7. Defragment merupakan proses menata file yang awalnya berantakan menjadi tersusun rapi sedemikian rupa yang akan mempermudah sistem dalam menemukan file yang ia butuhkan. Dengan tertatanya file system windows anda, secara otomatis komputer akan berjalan lebih cepat (mempercepat komputer).

  8. 4. Scan System File Windows untuk mengecek kerusakan file systemnya 
  9. Sebuah sistem operasi adalah kumpulan file yang melakukan fungsi yang berbeda. Hal ini dimungkinkan, dari waktu ke waktu, bahwa satu atau lebih file-file sistem telah berubah atau menjadi rusak. Jika hal ini terjadi, kecepatan sistem Anda bisa berkurang. Dengan menggunakan utilitas yang disebut ” System File Checking”, dia akan memeriksa file-file dengan benar masalah bisa ditemukan.

  10. 5. Kurangi Startup 
  11. Program yang berjalan secara otomatis saat booting atau startup akan memperlambat proses booting. Jadi, akan lebih arif jika anda membuang minimal mengurangi software list yang berjalan secara otomatis pada saat startup.Untuk membuang beberapa software list pada startup caranya: 
  12. Klik Start > Run > Ketik “msconfig” tanpa tanda kutip > Enter > Pilih Tab Startup > uncheck software yang hendak anda buang dari proses booting.

  13. 6. Uninstall Software Komputer Yang Sudah Tidak Anda Gunakan / Perlukan 
  14. Seiring waktu, mungkin anda telah menginstal berbagai macam software ke dalam system komputer anda. Selain akan membuat hard disk anda penuh, tentu saja akan berimbas juga ke system karena harus membaca ribuan file bahkan jutaan.
  15. Klik Start - Control Panel - Add Or Remove Programs - Pilih Program Yang Tidak Digunakan - Remove

  16. 7. Atur Efek Visual ke posisi Best Performance 
  17. Windows menyediakan beberapa efek visual yang menarik termasuk jendela animasi dan menu memudar. Jika Anda tidak memiliki cukup memori operasi (lihat nomor 1 di atas), efek ini dapat memperlambat komputer Anda. Menyesuaikan atau mengurangi efek visual dapat membuat perbedaan. Untuk mempercepat Vista di komputer tertentu Anda dapat menonaktifkan fitur dan fungsi yang tidak digunakan. 
Klik My Computer - Properties - Tab Advanced - Performance - Uncheck semuanya kecuali Use Visual Styles
Jika anda telah melakukan 7 langkah di atas untuk mempercepat komputer anda, niscaya anda akan menikmati komputer yang responsif dan nyaman digunakan.
Bagaimana? mudah-mudahan artikel di atas bermanfaat buat anda untuk mempercepat komputer anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Recent Posts

Social Buttons

Fanpage Facebook

eXTReMe Tracker